Lubang “septick tank” segera dibangun di Tanjung Duren Utara

Pembangunan akan dilaksanakan di dua titik lokasi

Jakarta (ANTARA) – Pembangunan lubang septick tank atau bak penampungan kotoran di RT 015/007 Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat akan segera dibangun.

“Ya kita dari pemerintah sudah mulai menentukan titik pembangunan lubang septick tank,'” ucap Lurah Tanjung Duren Utara Iskandar saat meninjau lokasi warga, Senin.

Pembangunan septick tank akan dilakukan di dua tempat sepanjang Gang Sekretaris I.

“Kalau kita lihat tadi sekitar 100 meter ada 21 KK, sehingga kita hitung rasionya sekitar 10KK untuk 1 titik lubang septic tank. Jadi ada 2 titik yang akan kita gali,” ujar Iskandar menambahkan.

Ia menyebut warga sudah memiliki jamban, namun saluran pembuangannya  ke Kali Sekretaris, sehingga mencemari lingkungan.

Baca juga: Kecamatan Grogol akan bangun jamban komunal di Tanjung Duren Utara

Baca juga: BAB sembarangan, warga Tanjung Duren Utara belum punya “septick tank”

Baca juga: Warga Tanjung Duren Utara masih BAB sembarangan

Wujud toilet warga pun sempit dan digunakan bergantian. Warga harus mengantre menggunakan jamban di RT 015/007.

“Karena warga sudah mempunyai WC masing-masing di sepanjang kali ini, memang mereka belum memiliki lubang untuk pembuangannya dan membuang langsung ke saluran,” kata Iskandar.

Sebelumnya, Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta mengatakan akan membuat communal septick tank atau bak pembuangan kotoran komunal (bersama) untuk mewujudkan jamban bersih di kawasan Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat.

Didit mengatakan pihaknya berusaha merangkul stakeholders untuk membangun bank kotoran komunal bersama dalam waktu dekat, sebab belum dianggarkan untuk perencanaannya meski kebutuhan itu mendesak.

Sebelumnya, Kepala Sudis Kesehatan Jakarta Barat Kristi Watini dalam giat verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Jakarta, Selasa, mengungkapkan 214 Kepala Keluarga (KK) di 4 RW wilayah Tanjung Duren Utara belum memiliki jamban sehat dan memilih BAB di saluran air.

Kondisi terburuk paling banyak dialami oleh warga di RT 15 RW 07 yakni 124 KK, menurut data tersebut.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber Asli : https://www.antaranews.com/berita/1101154/lubang-septick-tank-segera-dibangun-di-tanjung-duren-utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *